Install Open Journal Systems (OJS) dengan Mudah dan Cepat

Install Open Journal Systems (OJS) dengan Mudah dan Cepat

Untuk membuat Perpustakaan Online (Digital) sangat disarankan untuk menggunakan software SLiMS karena selain gratis juga memiliki kwalitas yang sudah teruji dan tidak kalah dengan software perpustakaan yang harganya hingga ratusan juta.

Namun bagaimana jika seorang pustakawan ingin mengelola koleksi perpustakaan khusus untuk Jurnal?

Dalam kesempatan ini penulis ingin mengenalkan sebuah Software bernama Open Journal Systems. Open Journal System ini intinya sebuah software yang berfungsi untuk mengelola koleksi jurnal di perpustakaan anda.

Apakah harus bayar mahal untuk bisa mendapatkan software ini ?

Tenang saja mas Bro, untuk membuatnya tidak perlu berbayar hingga ratusan juta rupiah, anda cukup beli domain dan hosting yang harganya dari 200 ribu hingga jutaan (sesuaikan dengan kebutuhan dan kantong anda).

Jika sudah punya domain dan hosting, software ini langsung bisa di install.

Untuk lebih cepat ikuti saja petunjuk cara instalasi Open Journal System berikut ini yah Gan :-)

Dalam tutorial ini saya akan menginstall Open Journal Systems di Subdomain (www.e-journal.duniaperpustakaan.com), Anda boleh saja menginstallnya di domain atau dengan cara membuat sub domain seperti yang ada pada tutorial ini. 1. Membuat Sub Domain.

Untuk membuat Sub Domain, silahkan anda masuk ke cpanel lalu di bagian tengah ada menu Sub Domain lalu KLIK saja Menu Sub Domain Tersebut.

 

2. Buatlah nama sub domain sesuai dengan keinginan anda

Dalam Tutorial ini penulis membuat sub domain dengan nama e-journal.duniaperpustakaan.com, Jika sudah memasukan nama sub domain lalu klik “Create”.

 

Jika sudah klik “create” dan berhasil membuat sub domain maka akan muncul penjelasan jika sub domain telah dibuat secara succses. 3. Masuk ke Menu “softaculous” pada menu Cpanel

Letak dari softaculous ada pada bagian bawah cpanel pada menu “Software/Serviices” dan terletak pada posisi paling kanan, lalu Klik saja.

 

4. Install Open Journal Systems

Setelah anda klik menu Softaculous maka yang anda lakukan cukup masukan tulisan “Open Journal Systems” di menu pencarian pada pojok kanan atas.

 

5. Proses Instalasi Open Journal Systems

Langkah selanjutnya maka akan muncul menu Install Open Journal Systems maka yang anda lakukan langsung saja Klik Menu Install.

 

6. Mengisi Form data Install Open Journal Systems

Pada proses ini anda harus memasukan beberapa form seperti berikut ini:

  • Choose Protocol : isilah dengan “http”
  • Choose Domain: isilah dengan nama domain/subdomain anda. dalam tutorial ini adalah “e-journal.duniaperpustakaan.com”
  • In Directory : Kosongkan saja, jika saat proses instalasi biasanya akan terisi secara otomatis dan anda harus menghapusnya.
  • Data Directory: Isilah sesuai dengan yang anda inginkan dan muah diingat. Dan perlu dicatat dalam menuliskanya tidak boleh melebihi 7 digit dan huruf kecil smua (huruf dan angka) tanpa spasi.
  • Database Name : Isilah sesuai dengan keinginan anda dan syaratnya sama seperti pada saat memasukan Data Directory.
  • Admin Account: Masukan username dan password sesuai keinginan anda beserta email. Fungsi username dan pasword ini nantinya berfungsi untuk login anda sebagai admin pada Open Journal System jika sudah terinstall.

 

 

Isilah semua form ini sesuai dengan penjelasan diatas dan setelah itu klik Install

7. Proses Instalasi Selesai

Jika anda sudah melakukan tahapan pada nomor 6 dan kemudian sudah melakukan Klik Install maka proses instalasi dianggap selesai dan anda cukup menunggu proses instalasi sampai selesai.

 

Pastikan proses instalasi sudah selesai dan jika proses instalasi sudah berhasil, maka anda bisa melihat hasilnya pada domain atau subdomain dimana anda tadi menginstall Open Journal System ini berada. Dalam tutorial ini saya menggunakan sub domain www.e-journal.syedara.com.

 

Untuk masuk sebagai admin, silahkan anda masukan username dan password yang anda buat saat mengisikan username dan pasword seperti pada proses No.6 poin yang paling bawah.

Selamat mencoba dan jika ada kesulitan bisa bertanya melalui komentar dibawah ini.
Jika dinilai bermanfaat, silahkan sebarkan ke teman-teman anda.