Faktor Intrinsik Yang Mempengaruhi Motivasi

Faktor Intrinsik Yang Mempengaruhi Motivasi

Faktor intrinsik yang mempengaruhi motivasi meliputi :

1) Fisik .

Factor intrinsic adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan kondisi fisik atau kelainan. Keadaan merupakan factor utama dari kegelisahan pada pasieĀ  dengan diabetes mellitus.

2) Proses mental .

Motivasi merupakan suatu proses yang tidak terjadi begitu saja tetapi ada kebutuhan yang mendasari motivasi.

3) Faktor kematangan usia .

Kematangan usia akan mempengaruhi pada proses berfikir dan pengambilan keputusan Usia adalah bilangan tahun terhitung sejak lahir sampai dengan tahun akhir seorang melakukan aktivitas. Usia seorang demikian besar nya dalam memlpengaruhi pengetahuan, sikap dan prilaku. Semakai lanjut umurnya semakain lebih bertanggung jawab lebih tertib, lebih bermoral, dan berbakti dari pada usia muda (Notoatmodjo, 2003). Umur yaitu usia individu yang terhitung dari lahir sampai berulang tahun. Semakin cukup maka tingkat kematangan dan kekuatan seorang akan lebih matang dalam berfikir dan bekerja. Keinginan dalam diri sendiri keinginan dalam diri tiap individu akan terdapat kemampuan, keterampilan kebiasaan, yang menujukan kondisi orang untuk melaksanakan kebiasaan menyusui yang mungkin dapat di manfaatkan sepenuhnya atau tidak.

4) Pengelolaan diri

Pengelolaan diri di maksudkan pengaruh pengelolaan diri seorang dapat di pengaruhi individu itu sendiri atau dari individu luar .

5) Tingkat pengetahuan .

Pengetahuan ini di peroleh dari pengalaman sendiri atau pengalaman orang lain, jika tingkat pengetahuan pasien lebih tinggi maka pasien akan memberikan respon yang lebih rasional dan juga makin tinggi kesadaran untuk berperan serta dalam pemeriksaan kadar gula darah.

Share