Asuhan Keperawatan Penyakit AIDS

Asuhan Keperawatan Penyakit AIDS

AIDS (Acquired Immune Deficiency Sindrom) atau sekumpulan gejala penyakit yang menunjukkan kelemahan atau kerusakan daya tahan tubuh yang didapat dari faktor luar (bukan bawaan sejak lahir). Jadi sebenarnya AIDS merupakan kumpulan gejala-gejala penyakit infeksi atau keganasan tertentu yang timbul sebagai akibat menurunnya daya tahan tubuh (kekebalan) penderita.

Dari keterangan tersebut jelaslah bahwa sebelum seseorang menderita AIDS, dalam tubuhnya terlebih dahulu telah terjadi kerusakan sistem kekebalan tubuh ini, penderita akan menjadi peka terhadap infeksi termasuk infeksi kuman yang didalam keadaan normal sebenarnya tidak berbahaya. Infeksi kuman bentuk ini disebut sebagai infeksi oportunistik.

Pada tahun 1983 dan 1984 para peneliti menemukan satu jenis virus yang merupakan penyebab AIDS, yang sekarang dikenal sebagai HIV (Human Immuno Defienci Virus). AIDS berbeda dalam epidemi lainnya, karena merupakan penyakit-penyakit fatal, menular dan sampai sekarang belum ada obatnya. Penderita AIDS tetap menularkan penyakit sepanjang hidupnya dan biasa HIV menyerang usia produktif. Masalah AIDS menjadi lebih berat lagi karena pada kasus seropositif, penderita biasanya merasa sehat dan dari penampilan luar juga tampak sehat, namun merupakan pembawa virus yang asimptomatik dan dapat menularkan HIV pada orang lain.

Penyebaran penyakit AIDS dapat melalui 3 cara yaitu :

  1. Hubungan seksual.
  2. Tranfusi darah yang telah terinfeksi.
  3. Virus yang masuk fetus ibu hamil yang telah terinfeksi.

Secara nyata tidak terdapat pentebaran melalui makanan yang telah terkontaminasi, beciuman, maupun gigitan nyamuk. Meskipun pengetahuan tentang penyebarannya telah diketahui, ternyata tetap tidak dapat menghebtikan penyebaran dari penyakit ganas ini.

 

Loader Loading...
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab
Share